Inovasi Pelayanan Publik – Duta Asi untuk Trend ASI Eksklusif Masa Kini di Puskesmas Taman Krocok

Masalah ASI Eksklusif di Puskesmas Taman Krocok masih sangat memprihatinkan. Pada tahun 2012, capaian ASI Eksklusif hanya 30,5%. Tak berbeda Jauh dari capaian ASI Eksklusif Nasional yaitu sebesar 25,7%. Gempuran iklan di televisi member pengaruh yang besar pada masyarakat untuk condong member susu formula. Selain itu faktor “ Gengsi” pun menjadi pemicu. Masyarakat menganggap kalau ASI itu hanya untuk orang yang tak mampu saja. Dan agar “gaya” dan “naik gengsi” maka masyarakat berlomba member susu formula. Sangat sulit bila hanya tenaga kesehatan yang berjuang, sehingga perlu gerakan masyarakat agar masalah ini teratasi. Oleh karena itu, diperlukan sosok figur dari masyarakat sehingga masyarakat dapat merasa dekat dan juga dapat melihat sendiri hasil dari ASI Eksklusif sehingga mereka dapat tergugah. Dari situ lahirlah Ide Duta ASI.

Proses pemilihan duta asi dimulai dengan melakukan koordinasi dengan bidan desa untuk mengirimkan ibu menyusui yang memberikan ASI Eksklusif yang buah hatinya berumur maksimal 24 bulan. Setelah melewati berbagai seleksi maka terpilihlah Duta ASI yang pertama yaitu Bunda Bayti Nurjannah. Duta ASI merupakan perpanjangan tangan dari Puskesmas Taman Krocok untuk memberikan pendidikan pada masyarakat tentang ASI Eksklusif. Duta ASI memulai tugasnya dengan memberikan pendidikan ASI Eksklusif pada lingkungan terdekatnya. Selanjutnya Duta ASI juga dilibatkan dalam beberapa kegiatan di Puskesmas seperti Posyandu, Kelas ibu Hamil, Penyuluhan ASI dan MP-ASI, KP-ASI, minilokakarya lintas sektor, dan sebagainya. Dalam beberapa kegiatan tersebut, duta ASI memberikan cerita tentang kesuksesan ASI Eksklusif-nya. Diharapkan dengan pemberian testimony langsung dari masyarakat sendiri, lebih mampu mengena di hati masyarakat karena mereka dapat menyaksikan sendiri bukti nyata manfaat ASI Eksklusif.

Setelah adanya Duta ASI ini, cakupan ASI Eksklusif meningkat dari tahun ke tahun. Pada tahun 2013 cakupan ASI Eksklusif mencapai 44,9 % dan meningkat lagi di tahun 2014 menjadi 46,1 %. Di Tahun 2015 menjadi 49,51%. Tahun 2016 menjadi 57,98% dan Tahun 2017 menjadi 64,35 %. Dari meningkatnya cakupan tersebut kami dapat menilai bahwa Duta ASI memberikan sumbangsih luar biasa terhadap kesuksesan ASI Eksklusif.

Leave a Reply