Bangun Sadar Hidup Sehat, Promosi Kesehatan Emo Demo Terus Didengungkan

Wakil Bupati Bondowoso, H. Irwan Bachtiar, M.Si bersama Kepala Dinas Kesehatan dr. H. Moh. Imron, MM.Kes, beserta jajaran sedang foto bersama di acara Festival Muharrom Tahun 2019.

Bondowoso- Promosi kesehatan harus selalu didengungkan. Dengan begitu, masyarakat akan tahu, mampu dan mau berubah akan pentingnya kesehatan dan perilaku hidup sehat. Bila manusianya sehat, maka akan menjadi manusia unggul.

Upaya ini terus didengungkan oleh Dinas Kesehatan Bondowoso melalui Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Kesehatan.  Kampanye perubahan perilaku merupakan topik utama dalam edukasi pengetahuan kesehatan. Langkah promotif dan preventif akan menjadi bermakna saat terjadi perubahan perilaku yang bermakna pula di masyarakat.

Menurut Sugiyanto, S.ST, M.Kes, Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Kesehatan Dinas Kesehatan Bondowoso, promosi  dan edukasi senantiasa didengungkan secara masive baik in door maupun out door di Dinas Kesehatan, Puskesmas maupun lintas sektor. Tidak hanya melalui forum penyuluhan namun promosi dan edukasi kesehatan juga dilakukan pada acara atau kegiatan tahunan, seperti kegiatan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN), Festival Muharrom, pekan ASI sedunia dan lain-lain.

“Kita selalu buka stand pada acara atau event tahunan Pemerintah Kabupaten Bondowoso. Alhamdulillah, stand Dinas Kesehatan selalu ramai pengunjung. Selain pemeriksaan kesehatan , juga terdapat konseling seputar gizi masyarakat, istimewanya semua tanpa dipungut biaya alias gratis,” ujarnya.

Tidak berhenti disitu saja, langkah promotif mengenai ASI Eksklusif, Pemberian Makan Bayi dan Anak (PMBA), Isi Piringku, Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), hidup sehat dengan jamban keluarga, seputar penyakit dan pencegahannya dan lain sebagainya, telah ditampilkan di media cetak dan elektronik secara live maupun off air. Promosi kesehatan tersebut juga selalu ditayangkan secara rutin di ruang tunggu Puskesmas.

Kabupaten Bondowoso merupakan lokasi Intervensi Program BADUTA 2.0 (Bawah Dua Tahun) yang di dukung oleh GAIN Indonesia, lembaga donor dari negara Swiss dengan visi “Dunia tanpa mal nutrisi”. Salah satu kegiatan Program BADUTA 2.0 adalah Emo Demo (Emosional Demontrasi) dengan mendukung Gerakan 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan).

Tujuan program ini  meningkatkan status Gizi masyarakat Indonesia secara umum khususnya warga Bondowoso melalui pendidikan PMBA dan gizi seimbang serta ASI Eksklusif. Emo Demo adalah metode edukasi masyarakat yang dikembangkan oleh GAIN melalui pendekatan baru yang mengacu pada Teori Behavior Centered Design (BCD). Teori BCD berprinsip bahwa perilaku hanya dapat berubah sebagai respon atas sesuatu yang baru, menantang, mengejutkan atau menarik. Teori ini menggunakan cara-cara yang bersifat imajinatif dan provokatif untuk mencapai perubahan perilaku dalam bidang kesehatan masyarakat.

Sementara itu, program BADUTA 2.0 yang identik dengan metode Emo Demo ini secara masive akan di implementasikan di Posyandu didahului dengan pelatihan Emo Demo bagi tenaga kesehatan dan kader Posyandu.  Selanjutnya di implementasikan secara rutin tiap bulan pada kegiatan Posyandu dan Taman Posyandu oleh kader.

          Foto: Penayangan pesan Rumpi Sehat di ruang tunggu Puskesmas Binakal.

Sejalan dengan tugas Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Kesehatan sebagai corong pemerintah. Dinas Kesehatan menyampaikan segala macam informasi yang berkaitan dengan kesehatan. Dengan tujuan pemberdayaan masyarakat dan pengembangan sumber daya untuk peningkatan kualitas kesehatan baik itu kesehatan individu maupun masyarakat.

“Prinsip dari promosi kesehatan meliputi Advokasi, pemberdayaan masyarakat dan kemitraan baik lintas program maupun lintas sektor. Termasuk kemitraan dengan GAIN dan media lokal, karenanya kami telah mengimbau agar setiap Puskesmas menayangkan iklan Rumpi Sehat mengenai Emo Demo dan film dokumenter Most Significant Change (MSC) di ruang tunggu,” jelasnya.

Selain itu, promosi kesehatan juga melibatkan televisi lokal di Bondowoso, di pilih BSTV atau Bondowoso Televisi untuk menayangkan iklan Rumpi Sehat Emo Demo. Kerjasama dengan BSTV dalam penayangan iklan Rumpi sehat ini dimulai sejak Bulan 18 Pebruari 2019 sampai 18 Pebruari 2020. Iklan ini ditayangkan setiap hari, 10 kali penayangan dalam sehari di jam efektif dengan rating penonton padat.

“Kami ingin promosi Emo Demo ini dapat membumi dan membawa dampak perubahan perilaku yang lebih luas di masyarakat tidak hanya di Posyandu dan Taman Posyandu, namun bisa diterima semua kalangan, lebih mudah diterima dan dipahami masyarakat agar sadar terhadap pentingnya hidup sehat,” tegasnya. (Sylvia Andriani)

Leave a Reply