Buku Juknis Prioritas Dana Desa Untuk Kesehatan Tahun 2020

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh

Puji syukur kehadirat Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa berkat rahmat dan ridhoNya sehingga Buku Juknis Prioritas Dana Desa untuk Kesehatan dapat diterbitkan. Buku ini diharapkan bisa menjadi panduan bagi Masyarakat Desa dalam upaya mewujudkan kesehatan masyarakat di desa sesuai dengan tujuan dalam RPJMN dan RPJMD yaitu meningkatnya status kesehatan masyarakat. Indikator status kesehatan masyarakat antara lain adalah :

  • Meningkatnya Upaya Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Pembiayaan kegiatan Promotif dan Preventif
  • Menurunnya Kematian Ibu di Desa/Kelurahan
  • Menurunnya Kematian Bayi di Desa/Kelurahan
  • Menurunnya Jumlah Balita Gizi Buruk di Desa/Kelurahan
  • Meningkatnya perilaku Hidup Bersih dan Sehat di tiap keluarga

Dalam Permendes PDTT Nomor 16 tahun 2018 disebutkan bahwa prioritas penggunaan dana Desa diantaranya adalah untuk membiayai pelaksanaan program dan kegiatan di bidang pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa. Permendes tersebut telah mengatur tentang prioritas penggunaan dana desa termasuk di dalamnya kegiatan kesehatan. Untuk memudahkan masyarakat dan aparatur desa dalam merencanakan kegiatan kesehatan dengan menggunakan dana desa maka perlu disusun buku juknis prioritas dana desa untuk kesehatan.

Ucapan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak yang telah menyumbangkan pemikiran dan kontribusi dalam penyusunan buku juknis ini.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh

 

 

GUBERNUR JAWA TIMUR

 

 

KHOFIFAH INDAR PARAWANSA

Leave a Reply