Gema Desaku (Sinergi Puskesmas Dan Desa Dalam Penanganan Penyakit Menular DBD, TBC, Dan HIV) oleh Puskesmas Tlogosari

Puskesmas Tlogosari merupakan salah satu puskesmas yang berada diwilayah pedesaan dengan sebagian besar dataran tinggi , curah hujan tinggi dan tingkat kelembaban tinggi juga. Mayoritas masyarakatnya ekonomi kurang mampu dan memiliki tingkat pendidikan yang rendah. Hal ini berdampak pada status kesehatan masyarakat setempat, khususnya dalam penanganan penyakit menular.
Berdasarkan data kasus penyakit menular di Puskesmas Tlogosari tahun 2017-2018, kasus Demam Berdarah tahun 2017 berjumlah 8 orang dan pada tahun 2018 berjumlah 6 orang: kasus TB pada tahun 2017 berjumlah 43 orang dan pada tahun 2018 berjumlah 41 orang; kasus HIV pada tahun 2017 berjumlah 8 orang dan pada tahun 2018 berjumlah 13 orang.
Beberapa hal yang menjadi penyebab angka penyakit menular di wilayah Puskesmas Tlogosari masih tinggi adalah kurangnya ventilasi pada rumah, perilaku masyarakat yang tidak mau melakukan kegiatan 3 M (menguras, mengubur, dan membakar) barang-barang yang menjadi penampung air hujan, serta banyak penduduk yang bekerja diluar kota tanpa keahlian yang cukup dan pendidikan agama yang kuat, sehingga sering melanggar norma agama, yang meningkatkan angka kasus penyakit HIV.
Melihat kondisi diatas Puskesmas Tlogosari memandang pentingnya mengatasi penyakit menular dengan bersinergi dengan desa melalui kegiatan penyuluhan dan pelatihan untuk penanganan penyakit menular (GEMA DESAKU)

    Adapun tujuan umum dari layanan ini yaitu
  • Meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di wilayah Puskesmas Tlogosari
    1. Adapun tujuan khusus dari layanan ini yaitu
  • Meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang penyakit menular
  • Meningkatkan peran serta linsek dalam penganan penyakit menular
  • Menurunkan angka kasus penyakit menular (DBD,TB, dan HIV)
  • Kegiatan ini dilaksanakan dengan mengadakan penyuluhan dan pelatihan (bukti terlampir) yang melibatkan kepala desa, perangkat desa dan masyarakat.Kegiatan GEMA DESAKU dilaksanakan oleh puskesmas.Bukti kegiatan dokumentasi (terlampir)

    Leave a Reply