Inovasi Pelayanan Publik – GEMA SAJI (Gerakan Masyakat Sadar Kesehatan Jiwa ) Oleh DINKES

Dinas Kesehatan pada tahun 2018 bekerjasama dengan AKPER Bondowoso melalui suatu gerakan yang dinamakan GEMA SAJI ( Gerakan Masyarakat Sadar Kesehatan Jiwa ) akan melakukan suatu kegiatan yang melibatkan masyarakat, Kader Keswa, Mahasiswa Akper Bondowoso, Petugas Kesehatan, Lintas Sektor, Tokoh Masyarakat, dan Pemangku Kebijakan. Adapun kegiatan GEMA SAJI ini antara lain berbentuk edukasi, sosialisasi, skrening dan pemetaan kasus ODMK dan ODGJ, pembentukan Posyandu Jiwa dan Desa Sehat Jiwa di Kabupaten Bondowoso
Dalam publikasi World Health Organization (WHO), satu dari empat orang di dunia terjangkit gangguan mental atau neurologis dalam beberapa waktu di dalam hidup mereka. Publikasi yang sama menyebutkan sekitar 450 juta orang saat ini menderita gangguan mental, dan hampir 1 juta orang melakukan bunuh diri tiap tahunnya.
Di Indonesia sendiri, dari data hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013, dikombinasi dengan Data Rutin dari Pusdatin dengan waktu yang disesuaikan, prevalensi gangguan mental emosional yang ditunjukan dengan gejala-gejala depresi dan kecemasan sebesar 6% untuk usia 15 tahun ke atas atau sekitar 14 juta orang. Sedangkan prevalensi gangguan jiwa berat, seperti skizofrenia, adalah 1,7 per 1.000 penduduk atau sekitar 400.000 orang.
Dari hasil data diatas memberikan gambaran besarnya ODGJ dan ODMK di masyarakat kita, sehingga harus ada tindakan baik dari Pemerintah Pusat, Daerah dan masyarakat sendiri untuk mencegah dan menanggulangi bila ditemukan kasus jiwa disekitarnya.
Dengan gerakan ini diharapkan dapat menemukan solusi serta membuat alternatif pemecahan permasalahan penanganan ODGJ dan ODMK di masyarakat tidak hanya pengobatan dalam hal ini dirujuk ke RS tetapi bisa penanganan berbasis masyarakat, dimana masyarakat berperan aktif menemukan, melaporkan dan rehabilitasi ODGJ dan ODMK. Penyelesaian masalah Kesehatan Jiwa membutuhkan kerjasama dari banyak pihak. Harapan kita agar Bondowoso bebas pasung bisa segera terlaksana bila masyarakat sadar dan paham akan kesehatan jiwa itu sendiri.

Leave a Reply