Kegiatan Orientasi Penanganan Kekerasan Terhadap Perempuan (KTP) Dan Kekerasan Terhadap Anak (KTA)

(Pembukaan oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso)

Selasa (01/10/2019) Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso dengan mengundang Narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur mengadakan kegiatan Orientasi Pertemuan Penanganan Kekerasan terhadap Perempuan (KTP) dan Kekerasan Terhadap Anak (KTA) Tingkat Kabupaten. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Dinas Perumahan dan Permukiman Kabupaten Bondowoso dengan dihadiri oleh Dokter Umum dan Bidan Induk dari 25 Puskesmas di Kabupaten Bondowoso.

Kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso Bapak H. Achmad Gazali, S.Sos,MM dengan didampingi oleh Kepala Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Masyarakat Ibu Tri Yuni Kuswandari, S.ST, M.Kes. Bapak Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini, Petugas Kesehatan yang berada di Puskesmas mampu berkoordinasi dan melakukan Tatalaksana kasus sesuai dengan Protap yang ada.

Setelah Sambutan dan Pembukaan, dilanjutkan dengan Pemberian materi oleh Staff dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Ibu Susri Rahayu, S.KM, M.MKes. Materi yang diberikan yaitu tentang Kebijakan dan Strategi Pelayanan Kesehatan dan Kasus Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak (KTP/A). Tujuan diberikaannya materi ini yaitu Agar peserta memahami kebijakan dan strategi pelayanan kesehatan kasus KTP/A, termasuk TPPO. Selain itu Peserta juga mengerti tugas dan peran sector kesehatan dalam upaya penanganan KTP/A termasuk TPPO. Berikut ini adalah Kondisi Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak (KTP/A) yang terjadi di Indonesia.

Materi selanjutnya diberikan oleh Dr. Moch. Cholid AR. Dari Dinas Kesehatan Provinsi JawaTimur. Materi yang diberikan terkait Deteksi Dini Korban Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak Termasuk TPPO. Pada materi ini, peserta diberi penjelasan tentang bagaimana cara melakukan Skrining kasus kekerasan terhadap perempuan dan anakserta Penggalian informasi kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Pada Akhir Kegiatan, peserta diberikan kesempatan untuk melakukan Tanya Jawab dan terakhir ditutup oleh Kepala Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Masyarakat, Ibu Tri Yuni Kuswandari, S.ST.M.Kes.

Leave a Reply