Kunjungan Kerja Komisi IV DPRD Kabupaten Bondowoso di Puskesmas

(Foto: Kunjungan Kerja di Puskesmas Tlogosari)

Dalam rangka evaluasi tahun anggaran 2019, Komisi IV DPRD Kabupaten Bondowoso mengadakan kunjungan kerja ke puskesmas untuk melihat dan mengevaluasi secara langsung baik itu pelayanan mupun sarana dan prasarana yang ada di Puskesmas. Kunjugan kerja ini dilaksanakan pada tanggal 14 Januari 2020 di Puskesmas Klabang dan Puskesmas Tlogosari, tanggal 16 Januari 2020 di Puskesmas Maesan dan Puskesmas Grujugan, dan yang terakhir adalah pada tanggal 20 Januari 2020 di Puskesmas Wringin dan Tamanan.

Kunjungan kerja ini dihadiri oleh Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Bondowoso beserta timnya, Kepala Dinas Kesehatan Bondowoso beserta jajaran struktural, dan juga Kepala Puskesmas beserta pegawainya, serta kader-kader kesehatan lainnya. Dalam kunjungan kerja ini, Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Bondowoso, Ady Kriesna, SH.,¬† menyampaikan bahwa badan eksekutif dan legislatif adalah suatu mitra kerja yang harus bersama dan beriringan, dimana diibaratkan adalah bagaikan rel kereta api bagian kanan dan bagian kiri, keduanya harus saling bekerja sama dan berjalan bersama-sama agar kereta bisa berjalan. Dalam hal ini kereta merupakan visi misi pemerintahan Bondowoso periode saat ini yaitu “melesat” yang tentu saja masing-masing bagian di pejabat pemerintah di bidang kesehatan sudah tahu betul makna dari kata melesat ini di bidang kesehatan. Dan saat ini masing-masing perangkat sudah memiliki kemitraan dan kebersamaan sehingga harapannya kereta pembangunan dengan visi misi “melesat” tersebut dapat berjalan¬† dengan baik dan lancar sampai pada tujuan yang dicita-citakan dengan kebijakan-kebijakan yang baik di bidang kesehatan.

(Foto: Kunjungan Kerja di Puskesmas Klabang)

Hail evaluasi dari komisi IV DPRD Kabupaten Bondowoso mengatakan bahwa sudah ada chemistry antara DPRD dan Dinas Kesehatan tinggal bagaimana kita mampu merangkai dan merangkum menjadi sebuah kebijakan yang baik di lingkungan kesehatan. Dengan adanya forum evaluasi ini diharapkan dapat lebih menekankan tujuan yang ingin dicapai bersama di tahun yang akan datang. Contoh kecilnya jika tahun kemarin fasilitas puskesmas belum lengkap, sekarang sudah lengkap, gedungnya sudah megah, maka harapannya di tahun-tahun kedepan ekspektasi dalam pelayanan maupun sarana dan prasarana juga lebih lebih baik.

(Foto: Kunjungan Kerja di Puskesmas Maesan)

Forum evaluasi ini secara luas lebih dititik tekankan pada apa yang ingin di gapai bersama di tahun yg akan datang, jangan sampai kebutuhan sudah terpenuhi tapi ekspektasinya belum bisa dirangkai bersama. Kalaupun ada persoalan mari kita cari solusinya bersama dan apabila ada hal -hal yg tidak bisa di cari solusinya di forum ini, komisi IV siap untuk membawa kedalam forum pengambilan kebijakan yg lebih tinggi. Prinsipnya bahwa DPRD adalah mitra, kalau ada yg kurang di Puskesmas sama juga kekurangan kami di komisi IV, ada yg kurang di dunia kesehatan merupkan kekurangn kami di legislatif.

(Foto: Kunjungan Kerja di Puskesmas Grujugan)

(Foto: Kunjungan Kerja di Puskesmas Wringin)

(Foto: Kunjungan Kerja di Puskesmas Tamanan)

Leave a Reply