Lokakarya Ujicoba Pengoperasian dan Pemanfaatan Data Aplikasi PWS KIA Online Kabupaten Bondowoso

(Pemateri Lokakarya Ujicoba Pengoperasian dan Pemanfaatan Data Aplikasi PWS KIA Online Kab. Bondowoso)

Pada 26 September 2019, Dinas Kesehatan Bondowoso mengadakan kegiatan lokakarya ujicoba pengoperasian aplikasi PWS KIA yaitu SIBUBA kepada calon user aplikasi tersebut, yang terdiri dari admin (Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso), Inputer (Bidan Koordinator dan Bidan Desa), dan Viewers (Bupati, Camat, Kepala Desa, dan Kepala Puskesmas).

Pemateri dari lokakarya ini adalah Asisten I dari KOMPAK, Ibu Titik Erna Erawati selaku Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, dan Bapak Darmawan selaku developer dari aplikasi SIBUBA. Menurut asisten I dari KOMPAK, Bondowoso diharapkan mampu menghilangkan status sebagai kabupaten tertinggal (Keppres 2015). Salah satu penyebab ketertinggalan tersebut disebabkan angka kematian ibu dan bayi (AKI dan AKB) yang tinggi. Sehingga dengan adanya aplikasi PWS KIA diharapkan AKA dan AKB dapat berkurang dengan pemantauan dari daerah.

(Pemateri 1 dari KOMPAK)

(Pemateri 2 dari KESMAS Dinas Kesehatan Kab. Bondowoso)

(Pemateri 3 dari Developer aplikasi SIBUBA)

Dengan adanya lokakarya ini diharapkan calon user dapat mengoperasikan aplikasi SIBUBA dan dapat mengajarkannya kepada calon user yang lain agar aplikasi ini dapat dimanfaatkan secara optimal untuk mencapai tujuannya yaitu menurunkan AKI dan AKB, menurunkan angka stunting, dan juga menuju kabupaten ODF.

(Para peserta lokakarya dari puskesmas-puskesmas di Bondowoso, Kepala Desa, dan Camat)

Leave a Reply