Monitoring dan Evaluasi Kegiatan P4K dan ANC Terpadu di 6 Puskesmas Bondowoso

Sebagai upaya untuk mencegah bertambahnya angka kematian ibu dan bayi, Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso mengadakan kegiatan monitoring dan evaluasi P4K dan ANC terpadu di 6 puskesmas di Kabupaten Bondowoso. 6 puskesmas tersebut yaitu Puskesmas Tamanan pada tanggal 21 Oktober 2019, Puskesmas Tlogosari pada tanggal 23 Oktober 2019, Puskesmas Maesan pada tanggal 25 Oktober 2019 yang dilaksanakan di Kecamatan Maesan, 26 Oktober 2019 di Sumberwringin, 1 November 2019 di Balai Desa Wringin, dan 5 November 2019 di Cermee.

Pemilihan lokasi tersebut dikarenakan kecamatan-kecamatan tersebut menjadi fokus utama untuk pencegahan dan pengadaan angka kematian ibu dan bayi serta stunting di daerah setempat yang pernah terjadi sebelum-sebelumnya.

Kegiatan ini diisi oleh Camat di Kecamatan setempat yang menjelaskan keadaan dan permasalahan ibu hamil di kecamatan tersebut. Selanjutnya adalah KaSie Kesehatan Keluarga dan Gizi Masyarakat, Ibu Tri Yuni Kuswandari, S.ST, M.Kes, yang menjelaskan mengenai evaluasi P4K dan ANC terpadu yang diharapkan di kecamatan setempat. Kemudian Kepala Puskesmas setempat yang memaparkan evaluasi kegiatan P4K dan ANC terpadu yang telah dilaksanakan di wilayahnya. Untuk sosialisasi dan evaluasi aplikasi PWS KIA,  Bapak Indra Dwi Cahyono, S.KM, M.Kes sebagai pengelola SIK (Sistem Informasi Kesehatan) Dinkes Kabupaten Bondowoso menjelaskan bahwa Kabupaten Bondowoso telah mengembangkan aplikasi yang berbasis android yang di beri nama SIBUBA  (Sistem Informasi Ibu dan Bayi) dimana berfungsi sebagai pendataan dan pemantauan terhadap ibu hamil dan pemeriksaan yang telah dilakukan. Sosialaisasi dan uji coba aplikasi ini sementara dilakukan di 6 wilayah Puskesmas tersebut, setelah dilakukan uji coba dan pembenahan hasil uji coba maka selanjutnya akan di terapkan pada seluruh Puskesmas di wilayah Kabupaten Bondowoso. Pada kesempatan pertemuan tersebut juga semua stakeholder mulai dari Kepala Desa, Bapak Camat, Kepala Puskesmas, Bidan Desa dan Bidan koordinator untuk menginstal aplikasi SIBUBA di HP Android masing-masing serta bidan desa untuk mengentri data yang mereka punya sesuai dengan wilayah masing-masing.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan Puskesmas di Kecamatan setempat dapat meningkatkan pelayanan terhadap ibu hamil dan bayi berdasarkan evaluasi yang telah dipaparkan. Selain itu Puskesmas setempat juga diharapkan dapat merancang rencana kerja yang akan dilakukan untuk mencegah angka kematian ibu dan bayi.

Berikut dokumentasi Monitoring dan Evaluasi Kegiatan P4K dan ANC Terpadu di 6 Puskesmas Bondowoso.

  1. Di Puskesmas Tamanan pada tanggal 21 Oktober 2019
  2. Di Puskesmas Tlogosari pada tanggal 23 Oktober 2019
  3. Di Maesan pada tanggal 25 Oktober 2019 yang dilaksanakan di Kecamatan Maesan
  4. Di Puskesmas Sumber Wringin pada tanggal 26 Oktober 2019
  5. Di Balai Desa Wringin pada tanggal 1 November 2019
  6. Di Puskesmas Cermee pada tanggal 5 November 2019

Leave a Reply