Orientasi Maternal Death Notification (MDN)

Foto: Seluruh Peserta Orientasi Maternal Death Notification (MDN)

Rabu (30/10/2019) Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso mengadakan Orientasi Maternal Death Notification (MDN), bertempat di Aula RSU dr. H.Koesnadi Bondowoso. Kegiatan Orientasi MDN ini diisi oleh dr. Danu Teguh Sp.OG (K). Sos dan juga dihadiri oleh, dr. Titik Erna Erawati selaku Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso, Tri Yuni Kuswandari S.ST, M. Kes selaku Kasie KGM Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso, staff Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, dr. Diantri Sp.OG di RSU dr. H. Koesnadi, Bidan Koordinator, dan perwakilan Bidan desa se-wilayah Kabupaten Bondowoso, Kepala Ruangan Bersalin dan Perinatologi di RSU dr. H. Koesnadi, RS Mitra Medika, serta RS Bhayangkara Bondowoso.

Foto: Peserta Orientasi Maternal Death Notification (MDN) dari RS

Kegiatan di awali dengan Sambutan Kabid Kesmas dilanjutkan dengan Materi MDN oleh dr. Danu dari Tim Penakib Provinsi Jawa timur. Maternal Death Notificatioan (MDN) adalah aplikasi pelaporan kematian maternal yang cepat dan terstruktur, dengan memanfaatkan teknologi informatika terkini. Disebut cepat karena data dapat segera mencapai pengampu kebijakan tingkat daerah sampai pusat segera setelah data terkirim melalui MDN. Aplikasi MDN dibuat dengan tujuan mendapatkan laporan adanya kematian maternal sedini mungkin dengan data yang akurat dan disertai dengan analistik statistik sederhana guna meningkatkan kecepatan pengambilan keputusan bersumber data.

Foto: Sambutan oleh Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Bondowoso, dr. Titik Erna Erawati

Foto: penyampaian materi MDN oleh dr. Danu Teguh SpOG (K). Sos

Pengguna MDN terdiri dari : Pelapor, Verifikator, Penerima, Administrator. Pelapor melaporkan melalui aplikasi telepon dan web, melihat laporan yang dikirimnya dan dari pelapor dalam kabupaten/kota.Verifikator bertugas menambah dan edit data yang diterima serta merupakan pusat data di dalam kabupaten/kota. Penerima bertugas melihat informasi sesuai regional dan aksesnya melalui aplikasi telefon dan web. Administrator bertugas menambah, edit, dan hapus pengguna dan hak aksesnya. Dengan MDN setiap ada kasus kematian Ibu di masyarakat/ FKTP/ FKTL segera dilaporkan ke Dinas Kesehatan. Pemberitahuan / pelaporan tidak menunggu proses AMP, tetapi dikirim dengan data seadanya karena kelengkapan data lain dapat disusulkan kemudian. Dan yang perlu diingat adalah mencantumkan NIK Ibu untuk mencegah duplikasi data.

Pada pertemuan hari ini telah dibuatkan username dan password masing-masing puskesmas dan RS, sehingga “pelapor” mulai melaksanakan demonstrasi aplikasi MDN. Diharapkan setelah pertemuan ini pelaporan kematian Ibu sudah bisa menggunakan Aplikasi MDN.

Leave a Reply