Orientasi Pemberian Makan Bayi Dan Anak Bagi Petugas Kesehatan

Selasa(22/10/2019) Orientasi Pemberian Makan Bayi dan Anak (PMBA) bagi tenaga kesehatan diadakan di Aula Dinas Kesehatan Bondowoso. Orientasi Pemberian Makan Bayi dan Anak (PMBA) diadakan 2 angkatan. Angkatan Pertama ini diikuti oleh Petugas Gizi dan Bidan Induk Puskesmas Sekabupaten Bondowoso. Acara ini berlangsung selama 2 hari.

Pemberian Makan Bayi dan Anak (PMBA) fokus pada 1000 HPK. Mulai dari bayi di dalam kandungan hingga anak berusia 2 tahun. Acara ini dibuka oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Ibu dr. Titik Erna Erawati. Dilanjutkan dengan Materi oleh Narasumber / Fasilitator PMBA yaitu Ni Nyoman dan Luluk Mas’adah. Tujuan Pelatihan adalah peserta mampu memahami konsep PMBA, peserta mampu menjelaskan pentingnya PMBA, peserta mampu menjelaskan Situasi Umum yang mempengaruhi PMBA.

Dihari pertama materi tentang konsep PMBA, Gizi Seimbang, Gizi dan Kesehatan Ibu. Peserta diajak berdiskusi tentang mitos dan fakta seputar PMBA. Peserta juga mempresentasikan makanan untuk anak usia 6 bulan, 6-9 bulan, 9-12 bulan, 12-24 bulan, ibu hamil dan ibu menyusui. Dihari kedua diisi materi tentang pemberian ASI, Gizi, Pemantauan Pertumbuhan, Konseling PMBA, dan Rujukan Anak Sakit. Dihari kedua peserta membentuk kelompok yang masing-masing kelompok terdiri dari 3 orang. Mempraktekkan konseling PMBA. Satu orang menjadi konselor, yang lain menjadi klien dan juga supervisor. Selama 2 hari pelatihan banyak lagu-lagu yang diajarkan sehingga mudah diingat dan tidak membosankan.

Leave a Reply