Orientasi Tata Laksana Balita Gizi Buruk Dan Stunting Angkatan II

Senin (18/11/2019) Orientasi Tata Laksana balita Gizi Buruk dan Stunting angkatan II dilaksanakan Di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso. Orientasi tata laksana balita gizi buruk dan stunting sudah diadakan untuk 2 angkatan. Angkatan kedua ini diikuti oleh Bidan Desa dan Gizi. Acara ini berlangsung selama 2 hari.

Tata laksana Gizi Buruk ini berfokus pada deteksi dini gangguan pertumbuhan dan tindak lanjut untuk tanda dan gejala gizi buruk, 10 langkah tata laksana gizi buruk, serta penerapan 10 langkah tata laksana anak gizi buruk pada 5 kondisi klinis, serta terapi gizi pada anak  gizi buruk. Tujuan orientasi ini adalah peserta mampu mendeteksi dini gangguan pertumbuhan dan mampu mendeteksi serta memberikan pertolongan pertama jika menemukan balita gizi buruk di wilayah kerjanya.

Pada hari pertama diisi dengan orientasi tata laksana balita gizi buruk dan stunting yang disampaikan oleh dokter spesialis anak dr. LP Sri Tresnasih, Sp.A tentang 10 langkah tata laksana gizi buruk, serta penerapan 10 langkah tata laksana anak gizi buruk pada 5 kondisi klinis.

Pada hari kedua, diisi dengan materi yang disampaikan oleh staf Sie. Kesehatan dan Gizi Masyarakat Dinas Kesehatan Bondowoso, Luluk Mas’adah, tentang deteksi dini gangguan pertumbuhan dan tindak lanjut untuk tanda dan gejala gizi buruk. Dilanjutkan oleh pemateri ketiga yaitu Ita Triwahyuni, S.Gz yang menyampaikan materi tentang terapi gizi pada anak gizi buruk. Acara selanjutnya peserta diminta untuk membentuk kelompok dan membuat formula yang sesuai dengan kondisi balita. Kemudian peserta diminta untuk mempresentasikan kandungan formula yang telah dibuatnya.

Foto: Penyampaian materi oleh Ahli Gizi dan Staf Dinas Kesehatan Bondowoso

Foto: Pembuatan formula yang sesuai dengan kondisi balita

Leave a Reply