Protokol Pencegahan Penularan Covid-19 Di Restoran/Rumah Makan

  1. Pastikan seluruh area restoran/rumah makan bersih
    Melakukan pembersihan di area restoran/rumah makan dari sampah dan membersihkan lantai, dapur, tempat penyimpanan bahan baku, meja penyajian, meja dan kursi makan, alat pembayaran elektronik, mesin kasir, permukaan pegangan tangga, pegangan pintu, toilet, dengan disinfektan (cairan pembersih) secara berkala minimal 3 kali sehari.
  2. Mencuci alat masak dan alat makan dengan air bersih mengalir dan sabun.
  3. Menyediakan sarana Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dengan air mengalir dan sabun di dalam restoran/tempat makan atau menyediakan hand sanitizer di pintu masuk, depan toilet dan tempat lain yang mudah di akses.
  4. Memasak makanan siap saji dengan matang sempurna.
  5. Tidak mempekerjakan penjamah makanan dan pekerja yang sedang sakit.
  6. Memasang pesan-pesan kesehatan (cara cuci tangan yang benar, cara mencegah penularan COVID-19 dan etika batuk/bersin) di tempat-tempat strategis seperti di pintu masuk restoran/rumah makan atau tempat lain yang mudah dilihat.
  7. Pengelola restoran/rumah makan menganjurkan kepada pengunjung yang mengalami demam, pilek/batuk/sesak nafas untuk tidak masuk ke area restoran/rumah makan. Apabila ditemukan pengunjung di dalam area restoran/rumah makan mengalami gejala tersebut segera melaporkan ke Puskesmas atau Dinas Kesehatan setempat.
  8. Pengelola restoran/rumah makan harus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan setempat secara berkala.

Leave a Reply