Kabupaten Bondowoso Meraih Swasti Saba Wiwerda Tahun 2019

Penghargaan swasti saba merupakan penghargaan yang diberikan setiap 2 tahun sekali oleh 0leh KEMENDAGRI dan KEMENKES, kepada kota/kabupaten yang berhasil menyelenggarakan program tatanan yang ada dalam program Kabupaten/Kota Sehat (KKS). Terdapat 7 tatanan program KKS, yaitu:

  1. Kawasan Pemukiman,
  2. Sarana dan Prasarana Umum,
  3. Sarana Lalu Lintas,
  4. Tertib dan Pelayanan Transportasi,
  5. Kawasan Pariwisata,
  6. Ketahanan Pangan dan Gizi,
  7. Masyarakat Sehat dan Mandiri, Kehidupan Sosial yang Sehat,

Kegiatan ini dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri RI, Menteri Kesehatan RI, 177 Bupati dan Wali Kota, 6 Gubernur, 177 Ketua Forum KKS, dan 3 Motivator yang dilaksanakan di Ruang Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri Jakarta Pusat. Dari 178 Kabupaten/Kota yang mengirimkan dokumen kota sehat, pada akhirnya tim verifikasi pusat memilih 122 kabupaten kota yang terdiri dari 61 Kabupaten/Kota Sehat untuk klasifikasi pengembangan, 42 Kabupaten/Kota Sehat untuk klasifikasi pembinaan, dan 19 Kabupaten/Kota Sehat untuk klasifikasi pemantapan.

Bondowoso Meraih Penghargaan SWASTI SABA WIWERDA (Pembinaan). Dengan Tiga Program Tatanan Kabupaten/Kota Sehat yaitu:

  1. Tatanan Ketahanan Pangan dan Gizi
  2. Tatanan Kehidupan Masyarakat Sehat yang Mandiri
  3. Tatanan Permukiman, Sarana dan Prasarana Umum

Di dalam program KKS ada tingkatan penghargaan yaitu

  1. SWASTI SABA PADAPA : 1-2 Tatanan
  2. SWASTI SABA WIWERDA: 3-4 Tatanan
  3. SWASTI SABA WISTARA : 5-7 Tatanan

Verifikasi KKS dilakukan setiap 2 tahun sekali untuk nasional. Kemudian di tahun 2020 akan diadakan verifikasi KKS Provinsi Jawa Timur. Pemerintah kabupaten Bondowoso bersama Forum Bondowoso Sehat serta masyarakat akan terus berusaha dan bekerja keras dalam mewujudkan Bondowos yang sehat dengan kategori WISTARA (Waras Wargane Sehat Kuthone).

Leave a Reply