Safari Husada Tahun 2019: Perkemahan Pramuka Saka Bakti Husada Untuk Mendukung Germas Dan Percepatan Penurunan Stunting

Pada hari Sabtu (2/11/2019) dan Minggu (3/11/2019) Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso mengadakan kegiatan Perkemahan Saka Bakti Husada di bumi perkemahan Pondok Pesantren Darul Falah Ramban Kulon Kecamatan Cermee Kabupaten Bondowoso, peserta kegiatan ini diikuti oleh seluruh Puskesmas se-Kabupaten Bondowoso

Satuan Karya Pramuka Bakti Husada yaitu satuan karya pramuka yang merupakan wadah kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam bidang kesehatan yang dapat diterapkan pada  diri, keluarga, lingkungan dan mengembangkan lapangan pekerjaan di  bidang kewirausahaan. Saka Bakti Husada memiliki enam Krida, yaitu krida bina keluarga, krida bina lingkungan sehat, krida penanggulangan penyakit, krida bina gizi, krida bina obat, serta krida bina perilaku hidup bersih dan sehat.  Keenam krida ini dikembangkan melalui upaya pelaksanaan kegiatan dalam  menjawab tantangan dan solusi permasalahan di bidang kesehatan.

Arah pembangunan kesehatan yaitu mengutamakan upaya kesehatan  promotif dan preventif yang didukung oleh upaya kesehatan kuratif dan rehabilitatif. Pelayanan kesehatan promotif adalah suatu kegiatan dan atau serangkaian kegiatan pelayanan kesehatan yang lebih mengutamakan kegiatan yang bersifat promosi kesehatan. Dalam rangka mempercepat dan menyinergikan tindakan dari upaya promotif dan preventif hidup sehat, guna  meningkatkan produktivitas penduduk dan menurunkan beban pembiayaan  pelayanan kesehatan akibat penyakit, presiden menginstruksikan gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS) dengan Instruksi Presiden Nomor 1 tahun 2017.

Safari Husada Saka Bakti Husada Tahun 2019 dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso  selaku Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Saka Bakti Husada Cabang Bondowoso dengan sambutan dan arahannya mengatakan  bahwa Gerakan Pramuka Saka Bakti Husada yang merupakan wadah kader pembangunan kesehatan indonesia sebagai inspirasi untuk mempercepat terwujudnya bangsa indonesia yang sehat jasmani, rohani, dan sosial, serta bermutu, produktif, dan berdaya-saing. Percepatan ini dilaksanakan dengan mengutamakan upaya promotif-preventif dalam pembangunan kesehatan agar perilaku hidup bersih dan sehat atau phbs benar-benar diterapkan setiap waktu oleh diri kita sendiri, lingkungan dan seluruh masyarakat indonesia.

Dalam rangka percepatan penurunan Stunting panggung hiburan perkemahan Safari Husada ini diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya ceramah keagamaan  yang disampaikan oleh Ketua yayasan pengasuh pondok pesantren Darul Falah  KH. Abd. Qodir Syam  dan penyuluhan tentang Stanting oleh Kepala Puskesmas Cerme dr. M. Habib Muzakki.

Tujuan penyelenggaraan kegiatan Safari Husada Satuan Karya Bakti Husada Tingkat Cabang Bondowoso  Tahun 2019,  adalah :

  1. Sebagai wahana pertemuan sekaligus untuk sosilisasi pencegahan dan percepatan penurunan Stunting serta mendukung Germas di Kabupaten Bondowoso
  2. Menggalang persaudaraan bagi anggota Pramuka Saka Bakti Husada seluruh puskesmas di Bondowoso guna menambah pengalaman, keterampilan dan wawasan tentang dunia kepramukaan.
  3. Menumbuhkan kesadaran disiplin hidup bersih dan sehat di keluarga dan lingkungannya
  4. Mempererat tali silaturahmi antar pembina dan anggota Pramuka Saka Bakti Husada se Kabupaten Bondowoso.
  5. Membangun diri dan prestasi dengan berbagai macam kegiatan lomba yaitu:
  • Lomba Krida Saka Bakti Husada
  • Tehnik Kepramukaan ( tekpram )
  • Lomba Mading Toga
  • Lomba PPGD dan permainan

SATYAKU KUDARMAKAN  DARMAKU KUBAKTIKAN

SALAM PRAMUKA

Leave a Reply