Workshop Pelayanan Kesehatan Jiwa Akibat Bencana

Undang Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana menyebutkan definisi bencana sebagai suatu rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat, yang disebabkan baik oleh alam atau non alam, maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologis.

Pengalaman traumatik akibat bencana dapat mengubah perilaku dan kehidupan emosi seseorang. Perasaan marah, bingung, frustasi, tidak berdaya, merasa bersalah, sering dirasakan oleh individu. Pemulihan kondisi psikis para korban bencana memerlukan penanganan dan perhatian khusus karena bila diabaikan dapat menggangu kualitas hidup penderita dalam jangka panjang.

Sebelum terjadi bencana, perencanaan kesiapsiagaan menghadapi bencana dan respon terhadap masalah kesehatan jiwa dan psikososial perlu dipersiapkan. Semua pelayanan kesehatan pada situasi bencana harus dapat menjamin terapi dan perawatan yang memiliki beberapa prinsip pelayanan yang dapat diakses.

Oleh karena itu menjadi penting untuk memahami situasi dan dampak bencana, baik dalam tingkatan individu maupun masyarakat dan melakukan mekanisme rujukan. Hal ini diperlukan agar kita dapat memberikan dukungan yang efektif bagi mereka yang mengalami bencana. Sistem kesehatan jiwa yang komprehensif perlu dikembangkan untuk merespon kebutuhan dukungan psikososial dan kesehatan jiwa pada masyarakat yang terkena bencana. Sistem kesehatan jiwa yang kuat memudahkan suatu daerah memiliki sumberdaya manusia yang terampil dan siap dimobilisasi dengan cepat bila terjadi bencana.

Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso telah melaksanakan Sosialisasi Tim Koordinasi Klaster Kesehatan pada tanggal 16 Agustus 2019. Salah satunya adalah klaster dalam penanganan kesehatan jiwa akibat bencana. Untuk mempersiapkan sumberdaya manusia yang ada di puskesmas, maka Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa (P2PTM & Keswa) mengadakan Workshop Pelayanan Kesehatan Jiwa di Puskesmas tentang penanganan trauma healing atau dampak psikosial akibat bencana pada tanggal 24 sd 26 Oktober 2019 di Aula Dinas Kesehatan. Peserta adalah Dokter dan perawat puskesmas se Kabupaten Bondowoso. Narasumber dari Tim Community Mental Health Nursing Propinsi Jawa Timur.

Foto: Peserta workshop melakukan praktek

Foto: Dinkes Propinsi dan Subdit Jiwa Dewasa Lansia Kementerian Kesehatan (Beddu Rasyid, SKM)

Foto: Seluruh peserta Workshop Pelayanan Kesehatan Jiwa Akibat Bencana

Leave a Reply